Anto a.k.a Gantaaz Buat 1.000 Karya Hip Hop

#Produser Musik Bag. 1

Beberapa sesi ke depan, HipHopIndo.Net akan mengangkat seputar kehidupan balik layar dunia Hip Hop. Jangan berpikir negatif dulu hiphopers, yang dimaksud kehidupan balik layar di sini yaitu mengenai profil para produser handal Hip Hop lokal yang selama ini telah banyak membantu perkembangan musik rap di Indonesia.

Kebanyakan dari mereka awalnya berangkat dari  seorang emcee (rapper). Oleh karena itu, rasa cinta yang mendalam terhadap budaya Hip Hop jelas terbangun sehingga menimbulkan keinginan yang kuat untuk melestarikan budaya ini dengan cara turun langsung dalam menangani proses pembuatan single dan album para emcee yang sedang merintis kariernya.

Sebagai pembuka cerita, Hiphopindo.net sudah berhasil mengupas tuntas seorang rapper dan beatmaker yang sudah cukup lama berkecimpung dalam industri musik Hip Hop. Pria yang merupakan salah satu personil grup rap Rotra asal Yogyakarta ini bernama Anto a.k.a Gantazz. Pertengahan Mei lalu, Anto bersama grup rap Jahanam, mewakili Jogja Hiphop Foundation diundang oleh Asia Society, lembaga nonprofit dari Amerika, yang mempunyai misi membantu semua orang di dunia (terutama untuk orang-orang Amerika) untuk bisa mengenal lebih jauh tentang Asia, baik dari segi politik, ekonomi, pendidikan, maupun kebudayaannya.

Mengawali karier di industri musik Hip Hop sejak tahun 1996, Anto a.k.a Gantaaz telah menjadi panutan produser-produser musik lokal beraliran Hip Hop dan R&B. Sampai saat ini, ia telah berhasil membuat 1000 beat-beat musik yang dihasilkan sejak mulai belajar membuat beat di tahun 1989. Tak hanya itu, ia juga sudah membuat karya sebanyak 50 album dan single. Mau kenal lebih dekat dengan Anto? Simak obrolan Hiphopindo.net di bawah ini, ya.

Halo Mas Anto, apa kabar?

Oke, baik-baik saja. Sedikit capek ngurus anak, tapi senang kok, he he he.

Ceritakan sedikit tentang perjalanan karier Mas Anto menjadi produser!

Awalnya tertarik dulu mendengar lagu-lagu Hip Hop sejak tahun 1989. Lalu mulai membuat lirik, tapi bingung kalau mau pentas karena nggak ada musik. Nah, akhirnya coba-coba menciptakan musik pakai program DOS -moyangnya windows- namanya Fastracker. Aku  belajar sendiri alias otodidak, tapi bisa berjalan sampai sekarang. Aku sempat mencoba pakai beberapa software, tapi akhirnya nyaman di flstudio.

Wow, hebat ya belajar otodidak! Lalu, untuk genre sendiri, aliran musik Hip Hop seperti apa yang sudah ditangani oleh Mas Anto?

Hampir semua sudah pernah aku coba, seperti musik-musik asal wilayah East, West, dan South. Maksudnya, aku mencoba menggabungkan aliran-aliran seperti musiknya dr.Dre, Mobb Deep, Wu-Tang, DJ Premier, Neptunes, Lil Jon, Timbaland, dengan nada pentatonis Jawa, tapi tetap terasa Hip Hopnya.

Kolaborasi yang unik tentunya antara musik luar dengan musik lokal. Lalu, siapa saja artis yang sudah ditangani oleh Mas Anto?

Kebanyakan anak-anak lama, mulai dari Iwa K, X-Calibour, Oka, Brother D, Bsk, Lady Gan, Fu-Clan, Brotherhood, Dpmb, Calludra, dan tentu saja Rotra, he he he.

Ada tips khusus untuk memproduseri seorang artis dengan baik?

Kalau itu, aku nggak tahu karena yang aku tahu cuma buat beat yang oke, dan yang nge-rap juga harus oke, that’s it.

Apa sih arti “RESPECT” untuk Mas Anto pribadi?

Hargai, hormati, dan terima apapun dengan baik dan positive thinking.

Terakhir, apa keinginan Mas Anto yang belum tercapai sampai saat ini?

Rilis album Rotra, ha ha ha.

Kalau begitu, Hiphopindo.net doakan agar album Rotra segera dirilis, ya Mas. Terima kasih. Salam Hip Hop!

Sama-sama, salam Hip Hop juga.

Follow: @rotra

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.