Bersolo Karier, Volan Siap Beri Warna Baru untuk Hip Hop di Indonesia

Hip Hop Indo, semakin banyak saja artis rap yang memutuskan untuk bersolo karier. Salah satunya ialah Volan Zulfikar Humonggio, yang sebelumnya merupakan anggota grup boyband 3 IN 1. Wajahnya sangat familiar dan sudah tak asing lagi di dunia hiburan Indonesia. Cowok yang mendapat penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik 2008 berkat perannya di film Sang Dewi ini, sering menjadi host dan bintang tamu di beberapa program televisi. Di balik wajahnya yang terlihat ramah, Volan memiliki ambisi untuk membuat gebrakan baru di industri musik Hip Hop Indonesia. Tanpa berpanjang lebar, langsung saja simak hasil wawancara dengan Volan yang sempat bertandang ke markas Hiphopindo.NET berikut ini.

Hi Volan, apa kabar?
Kabar baik, Alhamdulillah.

Boleh cerita nggak seputar kesibukannya?
Iya, saat ini lagi menyiapkan video klip untuk single terbaru saya sejak keluar dari grup boyband terdahulu. Ada juga kerjaan nge-host off air dan main FTV. Selain itu, lagi sibuk menyiapkan salah satu program televisi terbaru di Trans 7 yang bernama HIP HOP. Acara ini sejenis olahraga aerobik dengan konsep gerakan Hip Hop style yang rutin tayang setiap Sabtu dan Minggu jam 9 pagi.

Kalau untuk video klipnya sendiri akan seperti apa?
Konsep video klipnya lebih menjual dance, akrobatik, tricking, dan semi breakdance supaya lebih fun. Yang penting ada sedikit unsur yang membuat berbeda dari video klip lain. Cuma, saya lebih menekankan ke skill di video kilp ini dimana saya akan dibantu dengan dua orang dancer.

Berarti tetap membawa unsur Hip Hop, ya?
Iya, unsur Hip Hop-nya tetap ada karena saya memang suka Hip Hop. Cuma, sebenarnya lagu “I’m Gonna Miss You” ini lebih menonjolkan ke unsur nyanyi dibanding ke rap-nya. Saya juga mencampurkan unsur semi melayu dan R n B.

Jadi, single I’m Gonna Miss You ini akan dibuatkan album?
Kalau untuk album, masih belum dulu. Karena saya juga langsung mempersiapkan album ke-2 yang waktunya nggak terlalu lama dari single pertama ini, kira-kira bulan Juli.

Boleh tahu siapa aja yang ada di balik pembuatan video klip ini?
Untuk saat ini, saya masih jalani sendiri. Kebetulan yang menciptakan lagu dan liriknya adalah saya sendiri. Hampir semua saya kerjakan sendiri, kecuali setelah mulai mixing lagu yang berulang-ulang, saya harus berpindah-pindah studio juga.

Selain single, rencana lain untuk ke depannya?
Ke depannya, saya lebih fokus untuk musik dan beberapa FTV. Kalau untuk musik, saya mau mencoba bernyanyi dengan membawa unsur akrobatik, seperti backflip, sideflip, dan frontflip. Saya memang mau mencoba berbeda di industri musik Indonesia. Kebanyakan, Hip Hop di Indonesia mampu membuat penikmatnya bergoyang, tapi belum bisa tampil spektakuler di atas panggung. Mudah-mudahan saya bisa bernyanyi dengan membawa konsep akrobatik.

Terakhir, menurut Volan, gimana kehidupan Hip Hop di Indonesia saat ini?
Kalau dari musik Hip Hop, masih pasang-surut, ya. Ada rapper-rapper yang baru naik, dan yang lama lebih fokus dengan kesibukan di belakang layarnya. Cuma, untuk acara off air Hip Hop mungkin terbilang banyak, tapi untuk acara televisi agak sedikit kurang. Maka dari itu, saya mencoba untuk membuat musik Hip Hop dari R n B. Kalau saran untuk musik Hip Hop itu sendiri agar lebih mengedepankan unsur komersil ke masyarakat dengan tema-tema percintaan, dan galau, misalnya. Sedangkan, kalau untuk konsep idealisnya akan lebih baik kalau dibawakan waktu off air saja.

Terima kasih Volan sudah meluangkan waktu. Ditunggu video klipnya di Hiphopindo.NET!

Follow him @VollandVolt

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.