Billy da Beatboxer: Beatbox Itu Unik!

Semakin hari, jumlah beatboxer semakin bertambah dan diakui di industri musik Indonesia. Hiphopindo.net juga semakin penasaran dengan skill bermusik yang nggak biasa ini. Kalau sebelumnya Hiphopindo.net sempat mewawancarai Tito Gomez a.k.a Tito Fade2Black, kali ini Hiphopindo.net mau ngobrol bareng Billy da Beatboxer a.k.a BdaBX. BdaBX yang lebih popular dengan panggilan Billy Beatbox adalah orang pertama yang ditemukan oleh Tito di awal pergerakan beatbox Indonesia.

Awalnya, Billy mulai memelajari beatbox dari temannya di tahun 2004-2005. Lalu, melalui internet, Billy mencari tahu tentang beatbox lebih dalam. Ia mulai browsing video tutorial, artikel, dan mengunduh mp3 yang berhubungan dengan beatbox. Setelah hampir setahun memelajari beatbox via youtube dan mengulik sendirian, pada tanggal 24 Oktober 2007 Billy berkenalan dengan Tito Gomez via friendster. Sejak perkenalan itu, Billy pun semakin semangat untuk mendalami beatbox.

Mereka berdua pun sepakat untuk membuat komunitas beatbox pertama di Indonesia dengan nama “Jakarta Beatboxing Community” pada 4 Desember 2007. Namun, saat itu komunitas hanya sebatas group online di situs jejaring sosial, friendster. Komunitas ini kemudian berubah nama menjadi “The Indonesian Beatboxing Community” pada bulan April 2008 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2008 di Goethe Haus Jakarta.

Dari komunitas inilah, Billy banyak belajar mengenai teknik baru dan juga saling sharing teknik-teknik beatbox yang dia miliki dengan anggota komunitas yang lain. Sekarang, nama Billy sudah tidak asing lagi di telinga kita. Wajah pria yang selalu menjadi juri di kompetisi-kompetisi beatbox ini selalu muncul di acara Hitam Putih Trans 7.

Inilah wawancara Hiphopindo.net bareng Billy Beatbox …

Doc. Pribadi

Hai Billy, senang sekali hiphopindo.net diberi kesempatan untuk ngobrol bareng. Apa kabar?

Hai Hiphopindo.net, terima kasih untuk kesempatannya juga. Kabar baik tentunya!

Boleh tahu nggak, alasannya mendalami beatbox?

Boleh. Menurut saya, beatbox itu UNIK!

Kita tidak perlu membeli alat musik yang mahal hanya untuk memainkan musik menurut cara kita sendiri, cukup dengan mulut dan kemampuan kita mengaransemen lagu. Bisa juga dikatakan  beatbox adalah seni yang murah, tapi tidak murahan karena membutuhkan skill untuk meniru dan berpikir dengan cepat untuk mengolah bunyi-bunyi yang dimiliki seorang beatboxer menjadi sebuah lagu.

Di Indonesia sendiri, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang seni beatbox. Menurut Billy, apa definisi beatbox?

Memang Beatbox masih belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan dengan seni vokal yang lainnya, dan itu adalah tugas saya dan teman-teman beatboxer lainnya untuk memperkenalkannya.

Definisi Beatbox menurut saya adalah seni imitasi suara menggunakan organ-organ yang dapat memproduksi suara atau bunyi dan juga kemampuan vokal seorang manusia. Dalam hal ini menirukan bunyi alat musik pukul, atau semua alat musik yang digunakan untuk memainkan ritmik  seperti drum dan perkusi.

Namun, seorang beatboxer yang handal membutuhkan lebih dari sekedar meniru bunyi drum dan perkusi saja. Beberapa contoh bunyi yang dapat saya tiru, seperti bunyi efek scratch DJ, helikopter, mobil balap, pylox, dan robot. Pada dasarnya, semua bunyi bisa ditiru tergantung dari kemampuan seorang beatboxer dan konsep yang akan digunakannya pada saat di atas panggung.

Mempelajari beatbox sejak tahun 2004, pasti sudah banyak prestasi yang tercatat. Boleh tahu, prestasi apa saja yang sudah berhasil diraih?

Bagi saya, semua perform adalah prestasi. Namun, ada beberapa prestasi yang membanggakan, seperti kolaborasi dengan artis-artis terkenal, terlibat dalam berbagai project, dan kesempatan perform di kota-kota yang belum pernah saya datangi. Tak hanya itu, berkesempatan perform dalam ajang musik bergengsi juga merupakan kebanggaan, seperti Java Jazz Festival 2010, dan menjadi perwakilan komunitas Indobeatbox untuk perform di BLOCK PARTY Esplanade-Singapura pada Agustus 2010.

Ternyata nama Indobeatbox sudah menembus pasar internasional, ya? Lalu, sudah kolaborasi dengan siapa saja sejauh ini?

Wah…hmm… sudah pernah kolaborasi dengan Marchel Siahaan, Rocket Crew, Faynabila (IMB), Frans Sisir, Denada, Kikan, Mando (Beatboxer Jerman), Mizta D, Kartika Yahya, Saykoji, Kuno Kini, Iwa K., Batik Tribe, SHE, The Contenless, Trio Libels, Finalis Idola Cilik, Pasto, Rayen Pono, Joe Flizzow (Too Phat), Armada, DJ Devina, Erwin Gutawa Orchestra, Septian Dwi Cahyo (Phantomim), Java Island ( Acapella), 63 Acapella, Jamaica Cafe, Fitri Tropica, Alexander Averil (yo-yo), Suzuki Hiroyuki ( yo-yo world champion), B-Boy Indo, Peace Maker dan masih banyak lagi…. :D

Doc. Pribadi

Banyak sekali ya, ini membuktikan bahwa artis-artis kenamaan Indonesia juga sudah mengakui kehebatan Billy sebagai beatboxer. Hmm… beralih ke penampilan. Kalau untuk kostum panggung, apa yang wajib dipakai?

Biasanya kostum saya sesuaikan dengan tema event. Biasanya, yang paling sering saya pakai hanya topi.

Biasanya belanja kostum panggung di mana?

Biasanya saya belanja kostum paling sering di PAUL (Pasar Ular) dan TAMPUR (Taman Puring). Ha ha ha… harga terjangkau dan banyak pilihan :D

Banyak juga artis yang belanja di Pasar Ular dan Taman Puring, kok. He he he. Kembali ke beatbox, menurut Billy, bisa nggak beatbox dijadikan profesi utama untuk mencari penghasilan?

Beatbox dapat dijadikan sebagai profesi, loh, soalnya beatbox bisa masuk atau dicampur dengan jenis musik apa saja. Namun, semua tergantung dari kemauan dan musikalitas yang tinggi dari seorang beatboxer. Bukan cuma seni vokal, beatbox juga digabungkan dengan semua seni pertunjukan.

Bisa sharing sedikit tentang pengalaman perform yang paling berkesan?

Pengalaman perform yang paling berkesan adalah ketika saya dan beberapa teman-teman harus perform dengan menggunakan fasilitas sound system seadanya. Apa yang kami gunakan? “Megaphone”. Walaupun hanya menghasilkan suara yang biasa saja, tapi crowd penonton sangat membantu kenyamanan kita dalam beraksi. :D

Lalu, rekaman suara beatbox-nya dipakai untuk apa?

Biasanya, hasil karya saya di-upload ke situs soundcloud, supaya bisa diunduh oleh semua orang. Namun, maaf kalau kualitas suaranya kurang baik karena direkam di komputer rumahan :D

Nggak apa-apa kok, yang penting sudah mau berbagi. He he he. Pernah nggak Billy mendapat kritik pedas?

Sering. Biasanya dikritik sesama beatboxer karena kami paling mengerti perkembangan satu sama lainnya. Sesama beatboxer sebaiknya harus saling memberi kritik, bukan untuk menjatuhkan tentunya, tapi memberi semangat. Apalagi jika dia adalah partner sepanggung. Kenyamanan kami adalah kenyamanan semua.

Kalau kritiknya membangun, Hiphopindo.net setuju banget. Beralih ke penggemar, apa arti fans untuk Billy?

Fans itu seperti teman, maklum saya perantauan di Kota Jakarta ini dan hidup sendirian, jadi memang butuh banyak sahabat. Semakin kita dikenal dan mengenal banyak orang, semakin nyaman kita  di lingkungan tersebut.

Doc. Pribadi

Merasa tersaingi nggak kalau sekarang banyak bermunculan beatboxers-beatboxers baru?

Tersaingi? Tidak dong. Saya percaya masing-masing beatboxer mempunyai karakterrnya sendiri, dan dari karakter itulah dia dikenal. Saya justru bangga bisa mempunyai rekan yang lebih baik performance-nya dari pada saya. Dengan demikian saya merasa telah sukses menyebarkan beatbox di Indonesia.

Untuk saat ini, apa planning terbesar Billy?

Planning terbesarnya adalah membuat battle beatbox tingkat Nasional. Dari situlah kita bisa mengirim perwakilan untuk berjuang di kancah internasional. Akan tetapi ada hal lain yang juga tidak kalah penting, yaitu mau mensolidkan Komunitas Indobeatbox ke tingkat yang lebih tinggi dan yang lebih terkoordinir secara baik, mungkin akan mengarah ke tingkat organisasi.

Nice plan ;) … Last word, ada yang ingin disampaikan untuk beatboxers di seluruh Indonesia

Untuk semua beatboxer, tetap semangat! Pertama kali belajar, kita masih meniru, setelah mahir, cari karaktermu. Karaktermu adalah jati dirimu. Jati dirimu itu yang membuatmu berbeda.

LOVE, PEACE and BEATBOX!

Sweet quotes. Love, peace, and beatbox juga Billy. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk ngobrol dengan Hiphopindo.net. Semoga semakin sukses, ya!


Contact him:

Twitter: @BdaBX

Email: just4billythekid[at]yahoo[dot]com

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.